Mengatasi laptop Cepat Panas

By | 24 Maret 2020
cara mengatasi laptop cepat panas

Mempunyai laptop yang gampang panas tentunya sangat menyebelkan ya? Penyebab laptop panas atau overheat bisanya di sebabkan karena lamanya waktu penggunaan, tapi juga ada beberapa faktor real yang bisa juga di jadikan penyebab Laptop menjadi panas.

Seperti Meletekkan laptop di sembarang tempat yang nantinya akan menghambat sirlukasi udara, selain itu Thermal Paste yang kering juga bisa menjadi penyebabnya, karena thermal paste adalah obat bagi laptop untuk bisa mereduksi atau megurangi panas yang berlebihan dari processor.

Selain laptop mungkin barang-barang elektronik lain juga bisa menimbulkan panas, tetapi tidak seperti laptop. Laptop memiliki desain yang tipis dan minimalis, otomatis akan menyebabkan komponen-komponen di dalamnya akan menjadi padat, sehingga sirkulasi udara yang masuk akan kurang baik, Berbeda lo dengan PC atau Komputer.

Bagaimana ingin tidak menagatasi Laptop yang panas berlebihan? oke silahkan simak dengan seksama ulasan di bawah ini.

Cara Mengatasi Laptop yang Cepat Panas

Sebenarnya gini, laptop yang panas tentunya ada penyebabnya donk, jadi kita analogikan beberapa cara di bawah ini dengan penyebab panas yang timbul pada Laptop.

1. Coba Tambahkan Thermal Paste secara Berkala

gel thermal  paste yang di teteskan ke atas cpu
| kincir.com |

Mungkin dari sebagian kalian belum mengetahui apa itu Thermal Pasta? jadi Thermal pasta adalah pasta atau gel yang fungsinya untuk penghantar panas yang di hasilkan processor ke heatsink dan kemudian akan di dinginkan oleh Kipas pada laptop.

Coba bayangkan jika Thermal paste kering? ya, yang akan terjadi adalah heatsink akan sulit untuk menyerap panas yang di hasilkan oleh processor, alhasil laptop kamu akan mudah panas. Jadi jangan remehkan hal ini ya, Biasanya Thermal Paste sudah ada kok di toko-toko elektronika atu service komputer.

2. Bersihkan Kipas atau Heatsink dari Debu-debu

heatsink merek AMD berwarna hitam yang sudah terpasang di pc komputer

Biasanya laptop yang sedang mengalami Overheat, putaran dari Kipas Heatsink akan berdengung. Nah, untuk menghindari itu kamu bisa mencoba membersihkan sejumlah komponen Laptop ya seperti Kipas atau Heatsink.

Coba lakukan pembongkaran dan mulailah untuk membersihkan Kipas dan Heatsinknya, Untuk membersihkannya kamu bisa menggunakan kuas yang halus dan lembut, bersihkan secara menyeluruh di bagian-bagiannya.

Baca Juga : Macam-Macam Hardware yang perlu kamu ketahui

3. Menggunakan Cooling Pad sebagai cara Alternatif

seseorang yang sedang memainkan laptopnya dengan dudukan cooling pad berwarna hitam
|bukalapak.com|

Cooling pad adalah sebuah alat khusus yang di gunakan untuk meredakan panas berlebihan yang di timbulkan oleh laptop, biasanya Cooling pad akan di letakkan di bawah laptop, Jadi alat ini cocok banget lah untuk kamu yang sering menggunakan laptop untuk terus bekerja keras, ya sperti Bermian game, Menonton Video, dan sebagainya.

Jadi bentuk Cooling pad ini seperti dudukan Laptop, namun di dalamnya ada kipas yanga akan bekerja untuk mendinginkan Processor Laptop kamu. Ada banyak kok Macam-macam bentuk Cooling pad, harganya pun juga bervariatif, tergantung dengan kualitas yang di hasilkan sih.

Tip : Jika kamu tidak punya cooling pad, kamu bisa menggunakan kipas angin biasa, yang di arahkan ke laptopmu.

4. Letakkan Laptop di Tempat yang Benar

wanita sedang memainkan laptopnya yang ada di atas kasur dengan senyuman ke arah laptop
|freepik.com|

Maksud tempat yang benar adalah di Atas meja, Lantai, buku, Papan, pokoknya tempat yang tidak menyebabkan penghambatan sirkulasi udara yang masuk ke laptop, seperti contoh tempat yang harus di hindari adalah Kasur, Bantal, Sofa, dan lain-lain.

Kenapa bisa meletakkan laptop di atas kasur, bantal, sofa bisa membuat panas laptop? oke guni penjelasannya, kita tahu sendiri Barang seperti kasur, sofa, dan teman-teman mempunyai tekstur yang lunak dan emput sehingga udara yang masuk ke laptop akan terperangkap oleh barang tersebut.

5. Jangan Lama-lama mengguakan laptop, Coba Istirahatkan dulu

seseorang yang akan menutup layar laptopnya
|liputan6.ccom|

Laptop akan bekerja lebih berat jika kamu menggunakannya dalam jangka waktu yang lama atau terus-menerus, oh ya apalagi untuk bermain games, Pastinya overheat tidak bisa di hindari lagi. Oleh karena itu mencoba menginstirahatkan laptop akan membantu kinerja Processor menjadi lebih baik, atau kamu juga bisa Shut Down dulu dan gunakan kembali jika laptop sudah kembali ke suhu yang normal.

Cara efektif untuk cara ini adalah dengan Mengatur Jadwal pemakaian Laptop, misal setiap 2 jam sekali kamu harus mematikan layar laptop selama 20-30 menit, dan seperti itu aja sudah termasuk penagaturan jadwal agar bisa meminimalisir overheat pada laptop.

6. Atur kecerahan Layar Laptop kamu, Usahakan jangan terlalu terang

laptop berwarna putih yang ada di atas meja yang sedang terbuka
|usethistip.com|

selain bisa mengangu kenyaman mata kalian saat menatap layar monitor, Kecerahan yang terlalu tinggi ini juga bisa berakibat pada peningkatan suhu pada laptop kamu.

Satu lagi, kecerahan yang tinggi juga akan membuat baterai laptopmu cepat habis lo. Oleh karena itu aturlah kecerahan laptopmu sesaui kebutuhan ya.

7. Jangan terlalu banyak Membuka Software dalam satu waktu

layar tampilan laptop yang sedang membuka banyak softwarenya secara bersamaan dalam satu waktu

Jika ingin membuka software, bukalah yang ingin di gunakan saja. Jangan memakasa laptopmu untuk multitasking. Membuka software dalam satu waktu secara bersamaan, akan menimbulkan resource memory kamu menjadi besar akibatnya laptop akan cepat panas.

Ya, jadi jangan membuka beberapa software dalam satu waktu ya. Apalagi kalau laptop kamu mempunyai spek yang minim, tentunya resource memory kamu pasti akan penuh.

8. Menggunakan software yang ringan

kumpulan software office dengan seorang pria berdasi seperti super hero
|studentski.hr|

Laptop akan bekerja sangat keras jika kamu menggunakan software yang berat, tanpa memperdulikan system requirement untuk software tersebut. Umumnya software yang ringan akan membutuhkan resource memory yang kecil juga.

Memperhatikan system requirment pada suatu software ini juga sangat penting, yaitu bisa menunjang software agar bekerja baik di suatu laptop.

Baca Juga : 5 Cara Uninstall Aplikasi atau Software di Laptop, Anti Ribet!

Kesimpulan

Oke, itu saja. Menurut saya panas pada laptop itu wajar, karena laptop memiliki komponen-komponen khusus yang terus bekerja jika kamu menggunaka laptop. walau wajar, tapi panas berlebihan ini juga akan merusak komponen-komponen tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *