15 Contoh Lengkap Hardware beserta Pengertian dan Fungsinya

By | 21 Mei 2020
sekumpulan perangkat keras

Pada sebuah komputer memiliki beberapa komponen baik fisik maupun non fisik, Untuk Fisik di namakan dengan Perangkat keras (Hardware) dan Non fisik adalah Perangkat Lunak (Software), Keduanya tentunya memiliki tugas dan kegunaan yang berbeda-beda.

Seperti yang sudah kamu baca di judul kali ini, bahwa disini akan ada pembahasan mengenai Perangkat Keras atau Hardware, Oke secara definisi Hardware adalah Komponen yang ada pada sebuah komputer yang bisa di lihat secara kasat mata, Dengan kata lain Hardware memiliki wujud nyata, dan bisa di sentuh.

Secara umum Hardware mempunyai fungsi untuk Menerima Input, Memproses Data atau Informasi, Kemudian Memberikan Output, dan yang terakhir Hardware akan menyimpan daya yang di hasilkan oleh Output.

Sebenarnya ada 4 jenis bagian dari hardware, yaitu Hardware sebagai Input Device, Process Device, dan Output Device. Berikut Contoh dari jenis-jenis Hardware di atas.

Contoh Hardware Input pada Komputer

pada bagian ini nantinya Perangakat keras input device akan memberikan data yang nantinya akan di proses oleh Perangkat keras Process Device. Berikut contoh-contoh nya

1. Keyboard

kumpulan tombol yang ada di keyboard laptop

Tentunya kamu sudah tahu Perangkat ini, Keyboard pada komputer adalah alat yang di gunakan untuk menginput berbagai bentuk Huruf, Angka, Simbol, ataupun sebagai alternatif untuk berbagai pekerjaan di komputer.

Menurut pengertiannya, Keyboard atau Papan ketik adalah suatu Perangkat keras pada komputer yang berbentuk papan dan memiliki berbagai tombol yang memiliki fungsi berbeda-beda pada setiap tombolnya.

Jadi Fungsi dari Keyboard adalah mengirimkan input berupa huruf, angka, ataupun simbol yang nantiya akan di kirimkan ke CPU dan di proses menjadi sebuah perintah.

2. Mouse

Mouse berwarna putih dan hitam yang mengesankan

Mouse adalah hardware pada komputer yang memiliki fungsi sebagai sebuah inputan yang berbentuk Gerakan, Tekanan tombol (click), dan Pengulangan (scroll). Pointer yang tampil pada layar monitor komputer bisa di gerakan dengan Mouse yaitu dengan menggerakkannya.

Pointer tersebut bisa bergerak dengan mouse, karena di bawah mouse terdapat sensor khusus yang tugasnya untuk menerima intruksi gerakan yang di berikan oleh user. Dalam bahasa indonesia Mouse di artikan sebagai “Tetikus” karena secara bentuk Mouse ini seperti meneyerupai tikus.

3. Touchpad

Touchpad bawaan dari Laptop

Jika Hardware satu ini mungkin yang tidak akan terpisah pada laptop, karena pada setiap laptop terdapat Hardware satu ini. Secara fungsional memang Touchpad ini sama gunannya dengan Mouse, hanya saja bentuk nya yang berbeda.

Sebenarnya Touchpad tidak hanya yang menempel di laptop dan hanya ada di laptop saja, ada yang namanya Touchpad portable yang biasanya di gunakan seseorang yang menekuni bidang desain.

Pada permukaan papan Touchped di lapisi dengan sensor khusus yang memiliki fungsi sebagai pendeteksi gerakan jari, nah gerakan yang di hasilkan ini akan di rekam dan di terjemahkan ke dalam perintah khusus untuk menggerakan pointer yang tampil di layar Komputer.

4. Flashdisk

dua Flashdisk berwarna putih abu abu

Flaskdisk adalah alat penyimpanan eksternal yang biasanya di hubungkan di Port USB, Flasdisk mampu minyimpan berbagai format data. Ukuran atau kapasitasnya pun bermacam-maca, antara lain 512 MB, 2 GB, 8 GB, 16, GB, 32 GB, dan hingga 128 GB.

5. CD/ DVD ROM

cd rom dari komputer yang sedang ternuka

CD atau DVD ROM merupakan sebuah perangkat yang befungsi sebagai alat yang bisa membaca data yang di hasilkan oleh CD atau DVD. Selain itu perangkat ini juga sering di gunakan sebagai untuk tempat penginstalan suatu Software, OS, Game, dan lain sebagainya.

6. Joystick

joystick dengan warna putih dan hitam yang di sandarkan di laptop

Joystick merupakan tuas kontrol yang memiliki bentuk seperti tongkat atau tuas yang ujung nya bisa di gerakkan ke segala arah. Biasanya perangkat keras ini di gunakan sebagai Pelengkap untuk bermain Video game.

Bentuk dan wujud dari Joystick pun bermacam-macam, tergantung dari apa jenis permainan game yang di mainkan.

7. Scanner

scanner flatbed merek epson yang sedang terbuka

Scanner adalah suatu perangkat input yang di gunakan oleh sebuah komputer untuk memindai atau menduplikat suatu objek.

Fungsi dari scanner ini jelas yaitu sebagai sebuah alat yang dapat menduplikat hard-copy, seperti makalah, foto, ataupun kertas ke dalam bentuk digital, yang nanti hasilnya akan berupa gambar atau file berbentuk PDF.

Contoh Hardware Proses pada Komputer

Process Device pada komputer adalah sebuah Hardware yang gunanya untuk memproses dan mengolah data yang di berikan okeh Perangkat input. Berikut contoh-contoh hardware Process Device.

1. CPU

komponen cpu yang di sandarkan di atas keyboard

CPU (Central Processing Unit) adalah sebuah perangkat keras pada komputer yang memiliki fungsi sebagai Penerima sekaligus Pelaksana perintah dan data yang di hasilkan oleh Perangkat lunak.

Nah, fungsi utama dari CPU ini adalah sebagai alat untuk melakukan operasi artimetika dan logika pada data yang di ambil dari memori kemudian akan di berikan ke beberapa perangkat keras.

2. Motherboard

bagian bagian dan komponen kecil dari motherboard

Motherboard adalah sebuah PCB (printed circuit board) yang bertugas sebagai pengatur kode BIOS yang ada pada ROM. Motherboard akan menguhubungkan seluruh komponen penyusun pada sebuah komputer.

Nantinya akan di hubungkan dengan bahasa kode antar Perangkat keras agar bisa di sinergikan ke dalam sebuah aktivitas kerja dari suatu Perangkat komputer.

3. RAM

dua pasang RAM yang bertumpukan

RAM (Random Access Memory) merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai Tempat penyimpanan sementara, jadi Isinya pun dapat di akses tanpa memperdulikan di mana letak data tersebut berada.

Bisa di simpukan bahwa RAM adalah tempat penyimpanan sementara saat anda menggunakan Komputer atau Software yang nantinya bisa di proses dengan cepat.

4. VGA Card

sekumpulan hardware vga card yang sedang di tata dengan rapih

VGA (Video Graphics Accelerator) merupakan suatu Perangkat untuk mengolah data grafis yang nantinya bisa di tampilkan di layar komputer. Pada umumnya VGA card memang sudah tertanam di Motherboard atau CPU.

Jadi VGA Card ini memiliki fungsi sebagai pengelola informasi grafis pada suatu komputer, yang nantinya akan menghasilkan output yang bisa di tampilkan di Monitor komputer.

Contoh Hardware Output pada Komputer

Output device adalah sebuah perangkat pada komputer yang memiliki fungsi untuk menampung dan menghasilkan intruksi atau data pada sebuah komputer, yang nantinya akan di di keluarkan melalui perangakat yang tersambung dengan Komputer.

1. Monitor

tampilan monitor secara utuh dari komputer

Monitor adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi sebagai output untuk menampilkan gambar pada sebuah CPU, kemudian CPU akan mengirimkan unit berupa biner yang nantinya bisa di ubah menjadi bahasa manusia yang bisa di mengerti dan kemudian di tampilkan di layar monitor.

Gambar yang di keluarkan oleh Monitor adalah hasil dari pemrosesan data ataupun informasi masukan. Jika di amati Monitor memiliki bentuk hampir mirip dengan Televisi.

2. Printer

printer berwarna hitam yang sedang melakukan proses mencetaknya

Printer adalah sebuah alat yang di gunakan untuk mencetak yang di tampilkan dalam bentuk hard-file. Dalam hardware, printer bisa di katakan adalah perangkat output yang hasil representasi berupa tulisan atau grafis pada sebuah kertas atau media sejenisnya.

Fungsi dari printer untuk mencetak atau menyalin sesuatu data dari komputer yang nantinya akan di cetak dan bisa di lihat penggunanya secara langsung.

3. Speaker

speaker berwarna hitam yang di letakkan di atas meja

Speaker merupakan perangkat elektronika yang bisa mengubah sinyal elektrik ke dalam frekuensi suara, suara ini di hasilkan dari getaran membran yang ada pada speaker.

Pada speaker terdapat seperti membran, kumparan, dan magnet bagian-bagian itulah yang saling melengkapi dan menghasilkan suara yang bisa di dengar oleh penggunanya.

4. Headset

headset berwarna hitam dengan kilau pancaran lampunya yang indah dan menakjubkan

Headset merupakan suatu perangkat reproduksi suara yang gunanya untuk memberikan output berupa suara atau audio yang jerih yang dihasilkan dari perangkat yang di Terhubung dengannya (misal: Handphone atau Komputer).

Headset memiliki 2 device yang di gabungkan, yaitu Input dan Output. Jika device input pada Headset adalah Mikrofon sedangkan untuk device Output adalah speaker dari Headset itu sendiri.

Kesimpulan

Sebenarnya contoh-contoh dari perangkat Hardware sendiri sangatlah banyak pada setiap macam-macamnya, mulai dari device input, proses, dan output, ada contoh-contohnya sendiri.

Tidak di pungkiri berbagai teknologi perangkat keras dari masa ke masa memang semakin canggih saja. Nah bagimana sob dengan artikel di atas? ya, semoga bisa bermanfaat untuk kamu semua.

2 thoughts on “15 Contoh Lengkap Hardware beserta Pengertian dan Fungsinya

  1. Justin Hamilton

    Long time reader, first time commenter — so, thought I’d drop a comment..
    — and at the same time ask for a favor.

    Your wordpress site is very simplistic – hope you don’t mind me asking what theme you’re using?
    (and don’t mind if I steal it? :P)

    I just launched my small businesses site –also built in wordpress like yours– but the theme slows (!) the
    site down quite a bit.

    In case you have a minute, you can find it by searching for “royal cbd” on Google (would appreciate any feedback)

    Keep up the good work– and take care of yourself during the
    coronavirus scare!

    ~Justin

    Reply
    1. VickyAp Post author

      Hello Justin,

      If you ask about the theme I use, don’t here.
      Please ask directly by contacting the contact on my website

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *