Cara Menghilangkan Noise pada Video di Android, Langsung Jernih

By | 11 April 2020
cara menghilangkan noise pada video

Apakah bisa menghilangkan Noise pada Video atau Audio? Sangat bisa!, kamu bisa memanfaatkan microphone yang bagus untuk menghilangkannya, Kalau kamu ngak mau ribet dan kepepet bisa kok memanfaatkan Aplikasi atau Tools yang ada di Android.

Noise adalah suara bising yang tidak mengenakkan telingan, bisanya sih noise ini mucul saat kita melakukan rekaman di ruangan yang menjadi tempat keluar masuk angin, bukan hanya itu sih pengaruh microphone juga bisa jadi penyebabnya.

Tentu sering jengkel kan, saat recording tiba-tiba saat di cek, ehh audionya ada noisenya. Ya kamu ngak perlu mengulang recording dari awal, karena ada caranya menghilangkan noise pada audio kamu saat recording.

Untuk Cara menghilangkan noise itu mudah kok, kamu ngak perlu alat canggih untuk mengatasinya, yang bisa kamu gunakankan adalah dengan menggunakan cara-cara di bawah ini.

Cara Menghilangkan Noise pada Audio

Tutorial ini mudah kok di praktek kan, hanya satu aplikasi saja yang perlu kamu gunakan, yaitu aplikasi Lexis Audio Editor , oke langsung saja ini dia caranya.

1. Buka aplikasi Lexis Audio Editor, kemudian klik Open menambahkan videonya, pilih video yang ingin di hilangkan noise nya, setelah itu klik Open.

cara menghilangkan noise pada video

2. Jika sudah terbuka file videonya, kemudian klik ikon titik tiga di pojok kanan atas, klik Effect, setelah itu scroll ke bawah dan pilih Noise reduction.

cara menghilangkan noise pada video

3. Nah ini adalah pengaturan menghilangkan suara Noise nya, yang harus kamu lakukan adalah mengklik Play untuk mendengarkan dulu audio tadi apakah masih ada noise atau tidak, jika di rasa sudah fix tinggal klik Apply.

Note : Untuk settingannya biarkan dafult saja kalau di rasa suara sudah jernih.

Saat kamu lakukan step di atas untuk meremove noise, maka otomatis suara audio akan mengecil, untuk membesarkannya lagi maka kamu harus melakukan cara di bawah ini.

4. Klik ikon titik tiga, kemudian klik Effect, Scroll ke bawah dan klik Equalizer / Amplifier.

5. Ini adalah menu settingannya, biarkan dafault saja jika di rasa sudah membesar suara audionya, Klik play untuk mendengar audio yang sudah di perbaiki, jika di rasa sudah klik Apply.

Itulah cara menghilangkan suara noise pada video dengan bantuan aplikasi Lexis Audio Editor, Setelah menggunakan aplikasi di atas, apakah suara noise sudah hilang? ya mungkin itu hanya tools alternatif saja yang bisa membantu kamu.

Cara Merekam suara agar Jernih tanpa Noise

Ini sekedar tips untuk kamu saja agar saat melakukan recording suara audio tidak hancur atau noise. Bagimana caranya? yuk simak di bawah ini.

1. Merekam di Ruangan yang tepat

Ruangan ini tidak boleh sembarangan saat melakukan recording, kenapa? karena ruang atau tempat yang rentang kebisingan akan menimbulkan suara yang jelek dan noise tentunya. Tips dari saya untuk merekam di ruangan adalah :

  • Pilihlah ruangan atau tempat yang tenang dan jauh dari kebisingan, kemudian pilih Ruangan yang tidak menggunakan alas atau lantau kayu, umumnya lantai kayu akan mudah memantulkan suara.
  • Hindari ruangan yang menggunakan pintu besi, sama ini juga akan memantulkan suara kamu.
  • Yang lebih bagus dan efektif, gunakan ruangan yang terdapat karpet, karena ini akan menyerap sebagaian suara saat recording.

2. Pertimbangkan mikrofon pada HP

Mikrofon yang ada pada HP bisanya memiliki kualitas yang rendah, tapi itu tidak semua ya ada juga sebagaian Handphone yang memprioritaskan mikrofon agar lebih bagus dan minim noise.

Mikrofon ini menjadi hal yang peting dalam proses recording, salah sedikit saja kualitas suara yang di hasilkan akan terganggu.

Beberapa hal yang saya sarankan adalah menggunakan Headset atau Earphone saat perekaman, bisa juga kamu menggunakan mikrofon profesional agar suara yang di hasilkan lebih jernih.

3. Jauhkan mikrofon dari hal-hal yang menggangu perekaman

Hal yang harus kamu lakukan saat perekaman adalah Menjauhkan mikrofon dari lampu neon, Ventilasi udara, Kipas, dan sumber kebisingan lainnya. Hal ini kalau di sepelekan aka berakibat pada munculnya suara Noise.

4. Gunakan Aplikasi atau Tools pelengkap

Yang seperti aplikasi Lexis Audio Editor di atas, aplikasi semacam itu bisa membantu untuk menjernihkan suara, bukan hanya noise saja ya, namun ada tools pelengkap lainnya yang bisa membantu dalam menejernihkan audio.

Kesimpulan

Saya sudah mempraktekkannya sendiri bahwa memang benar menghilangkan noise pada audio itu memang work, dan mudah tentunya. Jadi tidak perlu alat yang canggih dalam meremovenya, cukup gunakan aplikasi seperti cara di atas, beres deh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *